Rabu, 09 Maret 2011

Manfaat Komputer Bagi Pendidikan Anak

Pada awalnya komputer di titik beratkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.
Sumber : http://www.e-smartschool.com
KETERANGAN
* Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji = Penalaran
* interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah = Argumentasi
*pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis = Penalaran
* Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan) = Argumentasi
* Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download) = Penalaran
* Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan = Argumentasi

Sejarah Perkembangan Komputer

Mesin-mesin abstrak yang di hipotesakan oleh para ahli metematika di awal tahun 1900-an merupakan salah satu bagian penting dari silsilah keluarga komputer-komputer masa kini. Cabang-cabang lain dari silsilah tersebut berakar jauh kemasa sebelumnya. Memang, pencarian mesin-mesin yang dapat melaksanakan pekerjaan-pekerjaan algoritmik memiliki sejarah.
Salah satu alat hitung (komputer = alat hitung ) yang paling awal ditemukan adalah sempoa (abacus). Sejarahnya dapat diacak hingga sejauh masa-masa peradaban Yunani dan Romawi Kuno. Mesin ini sangat sederhana tersusun atas butir-butir kelereng yang ditempatkan pada beberapa batang tongkat yang pada gilirannya ditancapkan pada sebuah bingkai berbentuk persegi empat. Dengan berpindahnya butir-butir kelereng tersebut mewakili niali-nilai yang tersimpan. Pada posisi butir-butir kelereng inilah "komputer" mempresentasikan dan menyimpan data. Untuk mengontrol eksekusi algoritma, mesin ini mengandalkan operator manusia. Oleh karenanya, sempoa merupakan sebuah sistem penyimpanan data; sistem ini harus dikombinasikan dengan manusia untuk membentuk sebuah mesin yang lengkap.
Beberapa tahun yang lalu, desain mesin-mesin komputer didasarkan pada teknik mekanik. salah satu penemunya adalah Blaise Pascal (1623 - 1662) dari Prancis, Gottfried Wilhelm Leibniz (1646 - 1716) dari Jerman dan Charles Babbage (1792 - 1871) dari Inggris. Mesin-mesin ini mempresentasikan data melalui posisi dudukan roda gigi, dengan data dimasukkan secara mekanis untuk mengubah posisi roda-roda gigi. Output dari mesin Pascal dan Leibniz diperoleh dengan cara mengamati posisi dari roda-roda gigi sebagai mana kita membaca angka-angka pada odometer mobil. Babbage, dilain pihak memiliki visi tentang sebuah mesin (yang disebut mesin analisis) yang dapat mencetak nilai-nilai output pada kertas sehingga memungkinkan kesalahan.
Sedangkan mengenai kemampuan mengikuti algoritma, kita dapat melihat suatu kemajuan dari segi fleksibilitas pada mesin-mesin ini. Mesin Pascal dibangun hanya untuk mengikuti algoritma penjumlahan. Akibanya, urutan langkah yang sesuai telah ditempatkan secara menyatu didalam mesin itu sendiri. Dengan cara yang sama, mesin Leibniz juga memuat algoritma yang menyatu dengan arsitekturnya, walaupun mesin tersebut memiliki beragam kemampuan operasi aritmatika yang dapat dipilih oleh sang operator. Mesin selisih Babbage (yang hanya dibuat model demonstrasinya) dapat dimodifikasi untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan namun mesin Analisis-nya (yang untuknya ia tidak pernah mendapatkan dana pembuatan) darancang untuk membaca instruksi-instruksi dalam bentuk lubang-lubang pada kartu yang terbuat dari kertas. Oleh karena itu, Mesin Analisis Babbage dapat di program. Memang, pendukung terbesarnya, Augusta Ada byron sering kali dianggap sebagai programer pertama didunia.


KETERANGAN
* Mesin-mesin abstrak yang di hipotesakan oleh para ahli metematika di awal tahun 1900-an merupakan salah satu bagian penting dari silsilah keluarga komputer-komputer masa kini = Penalaran
* Salah satu alat hitung (komputer = alat hitung ) yang paling awal ditemukan adalah sempoa (abacus)= Argumentasi
*Beberapa tahun yang lalu, desain mesin-mesin komputer didasarkan pada teknik mekanik. salah satu penemunya adalah Blaise Pascal (1623 - 1662) dari Prancis, Gottfried Wilhelm Leibniz (1646 - 1716) dari Jerman dan Charles Babbage (1792 - 1871) dari Inggris = Penalaran
* Mesin Pascal dibangun hanya untuk mengikuti algoritma penjumlahan. Akibanya, urutan langkah yang sesuai telah ditempatkan secara menyatu didalam mesin itu sendiri = Argumentasi
* Mesin selisih Babbage (yang hanya dibuat model demonstrasinya) dapat dimodifikasi untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan = Argumentasi

Sejarah Internet

Awal Internet Indonesia
Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio" di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.
Internet Service Provider Indonesia
Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.
Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.
Pengguna Awal Internet Lewat CIX dan Compuserve
Sejak 1988, CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan Newsgroup. Belakangan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet. Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX.

KETERANGAN
* Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988 = Penalaran
* Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio" di bulan November 1990 = Penalaran
* Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet = Argumentasi
*Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri = Penalaran
*Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi = Argumentasi
*Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta = Penalaran

Perkembangan Sistem Informasi Dalam Pendidikan

Perkembangan teknologi di Indonesia kian pesat,khususnya dalam bidang pendidikan.Masyarakat di tuntut untuk selalu mencari berbagai informasi baik yang berkaitan dengan bisnis ataupun pendidikan.Seiring dengan perkembangan teknologi,peranan sistem informasi juga semakin dibutuhkan bagi masyarakat.
Istilah system informasi menurut Tejoyuwono Notohadiprawiro ialah suatu pengumpulan data yang terorganisasi beserta tata cara penggunaannya yang mencakup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tata cara penggunaannya.
Pada dunia pendidikan Indonesia,system informasi dimanfaatkan sejak pendidikan dasar.Siswa-siswi diperkenalkan teknologi komputer sejak bangku sekolah dasar.Kebutuhan akan kecanggihan teknologi memaksa pendidik /guru untuk menguasai teknologi tersebut.Dahulu tugas-tugas diberikan melalui buku yang siswa miliki.Kini,siswa hanya diperintahkan untuk mendownload tugas dan materi pelajaran yang diberikan.
Tidak hanya menggunakan media internet,bagi siswa yang tidak memasang internet dirumah.Mereka dapat mendapatkan semua materi pelajaran dengan menggunakan softcopynya.
Dalam tingkat pendidikan yang lebih tinggi,system informasi dirasakan sangat dibutuhkan.Kebutuhan mahasiswa akan informasi khususnya mahasiswa yang terkait dengan bidang komputer memaksa mereka untuk haus akan informasi.Pertemuan di kelas dengan dosen pun kini dapat dilakukan dengan e-learning,semua materi kuliah juga dapat dilihat dari e-book.
Masih banyak lagi peranan dari system informasi dalm bidang pendidikan.Efektif dan efisiensi merupakan salah satu manfaat terbesar dari peranan system informasi.Kedepannya,system informasi diharapkan lebih berkembang dan dapat memberikan banyak manfaat bagi dunia pendidikan.


Keterangan :
* Masyarakat di tuntut untuk selalu mencari berbagai informasi baik yang berkaitan dengan bisnis ataupun pendidikan = Argumentasi
*system informasi menurut Tejoyuwono Notohadiprawiro ialah suatu pengumpulan data yang terorganisasi beserta tata cara penggunaannya yang mencakup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tata cara penggunaannya = Argumentasi
* Dahulu tugas-tugas diberikan melalui buku yang siswa miliki.Kini,siswa hanya diperintahkan untuk mendownload tugas dan materi pelajaran yang diberikan = Penalaran
* bagi siswa yang tidak memasang internet dirumah.Mereka dapat mendapatkan semua materi pelajaran dengan menggunakan softcopynya = Penalaran
* Pertemuan di kelas dengan dosen pun kini dapat dilakukan dengan e-learning,semua materi kuliah juga dapat dilihat dari e-book = Penalaran
* Kedepannya,system informasi diharapkan lebih berkembang dan dapat memberikan banyak manfaat bagi dunia pendidikan = Argumentasi

Penyakit Stres Karena Komputer

San Fransisco, Komputer yang terkena virus, terlalu lama menunggu waktu booting serta membetulkan perangkat yang macet adalah masalah sistem komputer yang membuat stres penggunanya. Stres karena perangkat yang tidak optimal mengganggu kerja memicu penyakit sindrom stres karena komputer atau Computer Stress Syndrome (CSS).
Fakta ini terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Customer Experience Board terhadap hampir 1.000 orang di Amerika Utara. Dari jumlah tersebut, 94 persen mengaku tergantung pada perangkat komputer dalam hidup kesehariannya.
Dikutip dari AFP, Minggu (2/5/2010), hampir 2/3 partisipan mengaku pernah punya masalah dengan komputer dalam setahun terakhir, dan membutuhkan bantuan dari para teknisi. Meski pada akhirnya bisa tertangani, pada saat berurusan dengan bantuan teknis mereka telah mengalami CSS.
Sekitar 40 persen masalah yang dihadapi adalah kegagalan sistem operasi, dan lebih dari setengah di antaranya berakhir dengan frustrasi karena tidak bisa mengatasi sendiri. Bantuan dari para teknisi lagi-lagi jadi solusi terakhir.
Berurusan dengan teknisi bukan satu-satunya penyebab frustrasi menurut hasil studi tersebut. Infeksi virus komputer, terlalu lama menunggu waktu booting serta membetulkan perangkat yang macet termasuk masalah yang paling sering menyebabkan CSS.
Saran yang disampaikan dalam studi tersebut sangat sederhana. Pengguna komputer sebaiknya tidak terlalu ambil pusing dengan masalah sistem dan lain-lain. Tentu dalam praktiknya tidak akan cukup semudah itu untuk menghindari stres.
Sementara saran yang diberikan bagi perusahaan komputer, pengembangan perlu lebih difokuskan pada titik-titik yang memicu CSS. Terutama sekali untuk merancang sistem yang lebih stabil, sehingga resiko konflik antar perangkat turun ke level terendah.
Istilah Computer Stress Syndrome sendiri diberikan oleh Murray Feingold, seorang dokter dari AS yang namanya tercantum dalam laporan survei tersebut. Laporan yang dipublikasikan secra online tersebut berjudul Combating Computer Stress Syndrome.



KETERANGAN :
* Komputer yang terkena virus, terlalu lama menunggu waktu booting serta membetulkan perangkat yang macet adalah masalah sistem komputer yang membuat stress = Argumentasi
* terhadap hampir 1.000 orang di Amerika Utara. Dari jumlah tersebut, 94 persen mengaku tergantung pada perangkat komputer dalam hidup kesehariannya = Penalaran
* partisipan mengaku pernah punya masalah dengan komputer dalam setahun terakhir, dan membutuhkan bantuan dari para teknisi = Argumentasi
*Berurusan dengan teknisi bukan satu-satunya penyebab frustrasi menurut hasil studi tersebut. Infeksi virus computer = Argumentasi
* Pengguna komputer sebaiknya tidak terlalu ambil pusing dengan masalah sistem dan lain-lain = Argumentasi
* pengembangan perlu lebih difokuskan pada titik-titik yang memicu CSS = Argumentasi
* Computer Stress Syndrome sendiri diberikan oleh Murray Feingold, seorang dokter dari AS yang namanya tercantum dalam laporan survei tersebut = Penalaran