Kamis, 26 Mei 2011

PI ku

BAB I
PENDAHULUAN



1. 1. Latar Belakang Masalah
Saat ini perkembangan teknologi pada era globalisasi sangatlah pesat. Hal ini menyebabkan manusia selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Setiap individu mempunyai berbagai macam cara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya, baik itu dari membaca buku, koran ataupun media informasi lainnya. Namun demikian pada umumnya manusia mencari informasi dari media yang paling mudah untuk dipahami dan menarik untuk dilihatnya.

Komputer sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi, dapat menjadi suatu unsur penting pada kehidupan manusia modern saat ini. Banyak informasi yang didapatkan dengan mudah melalui media komputer. Informasi tersebut biasanya disajikan dalam bentuk multimedia. Salah satu contohnya menyampaikan informasi tentang tata surya kepada siswa sekolah dasar, yaitu dengan aplikasi flash karena fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh apliksi ini sangatlah menarik, sebagai contoh gambar yang ditampilkan dapat bergerak, bersuara, dan disertai musik, ini tentunya lebih menarik jika dibandingkan dengan menggunakan buku atau papan tulis sebagai media pembelajaran, hal ini membuat proses belajar menjadi sangat menyenangkan dan yang terpenting tidak membosankan serta membuat siswa tersebut menjadi nyaman dan tidak asing dalam dunia teknologi.

Pengenalan sistem tata surya pada siswa sekolah dasar diperoleh dari buku-buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, buku-buku tersebut telah membahas sistem tata surya secara lengkap. Namun, informasi yang terdapat dalam buku-buku tersebut disampaikan dengan metode penyampaian yang kurang menarik. Informasi serupa bisa diperoleh dari situs-situs yang membahas lebih rinci mengenai sistem tata surya dengan menggunakan pendekatan visual. Tetapi pada umumnya, situs-situs tersebut menggunakan bahasa Inggris dan kurang tepat untuk siswa sekolah dasar yang kurang fasih berbahasa Inggris.

Untuk itu penulis menggunakan metode pengenalan sistem tata surya yang menarik dengan menggunakan pendekatan visual dan menggunakan bahasa Indonesia disertai membuat visualisasi sistem tata surya berbasis web yang dilengkapi kuis berupa pertanyaan-pertanyaan singkat sehingga tanpa disadari, pengetahuan yang didapat dari visualisasi tersebut dievaluasi kembali.

Berdasarkan alasan-alasan diatas, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis menggambil tema mengenai “Aplikasi Pembelajaran Interaktif pengenalan tata surya untuk siswa sekolah dasar dengan menggunakan Macromedia Flash, PHP dan MySQL”

1. 2. Ruang Lingkup Masalah
Dalam Tulisan ilmiah ini membahas pembuatan visualisasi sebagian sistem tata surya berupa matahari dan planet-planet yang mengelilinginya untuk siswa sekolah dasar dengan menggunakan software Macromedia Flash PHP dan MySQL untuk mengolah dan menampilkan pertanyaan secara acak.

1. 3. Tujuan Penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk membuat visualisasi sistem tata surya yang dapat membantu siswa sekolah dasar untuk mengenal sistem tata surya dan tetap mengingatnya untuk jangka waktu yang panjang.

1. 4 Metode Penulisan
Bahan dan informasi yang diperlukan pada penelitian ini didapatkan melalui :
1. Studi pustaka
Dalam tahap ini merupakan mengumpulkan data yang di dapat dari berbagai referensi dan buku-buku mengenai sistem tata surya, Macromedia Flash PHP dan MySQL, juga melalui situs-situs yang membahas sistem tata surya, PHP dan MySQL.
2. Studi lapangan
Studi lapangan ini merupakan mengumpulkan data yang di dapat dari lokasi secara langsung yaitu sekolah dasar yang mempelajari tata surya.

1. 5. Sistematika Penulisan
Penulisan ini terbagi dalam empat bab dengan sistematika sebagai berikut :

Bab I : PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan latar belakang masalah , batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

Bab II : LANDASAN TEORI
Bab ini menerangkan tentang teori – teori yang berhubungan dengan tulisan ilmiah ini yaitu tentang tata surya yang di dalamnya tedapat matahari dan planet – planet yang mengelilinginya, serta penjelasan software yang digunakan, yaitu Macromedia Flash PHP dan MySQL.

Bab III : PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan langkah-langkah pembuatan visualisasi sistem tata surya. Dan dalam bab ini di kemukakan tentang pembahasan yang berkaitan dengan langkah – langkah pembuatan dan tampilan pembelajaran tata surya serta dijelaskan cara penggunaannya.

BAB IV : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang sudah dibahas di bab – bab sebelumnya untuk pengembangan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar