Senin, 11 Oktober 2010

Masa depan indonesia tanpa korupsi

Pada dasarnya, masa depan suatu bangsa berada di tangan rakyatnya. Tapi, tetap saja yang dominan bertanggung jawab pada masa depan bangsa tersebut adalah orang-orang yang mempunyai kedudukan, kekuasaan, dan wewenang. Lantas apa jadinya suatu negara, jika kedudukan seseorang membuat ia melakukan pelanggaran yang dapat merugikan orang banyak, bahkan merugikan negara tanpa mau bertanggung jawab, seperti korupsi? Indonesia adalah salah satu negara yang didapati kasus-kasus seperti itu. Akan jadi apa bangsa kita ke depannya? Apakah bangsa kita akan terus seperti ini? Banyak masyarakat Indonesia hidup dalam bayangan kemiskinan. Akibat korupsi, yang kaya makin kaya, yang kekurangan makin terpuruk. Apakah kita rela dan bangga Indonesia termasuk dalam nominasi 5 negara terkorup di dunia? Tentu saja tidak. Tidak dapat dibanggakan sama sekali.

Mungkin, bagi mereka yang melakukannya, korupsi itu menyenangkan. Tapi, mereka juga harus tahu, bahwa di balik kesenangan mereka korupsi itu tidak menyenangkan, bahkan menyengsarakan. Dan pada dasarnya korupsi memang tidak menyenangkan. Kehidupan orang-orang yang melakukan tindak korupsi tidak tenang. Memang, mereka terlihat bahagia dengan hasil korupsi mereka. Padahal, di balik kebahagiaan itu tersimpan rasa waswas. Mereka tidak tenang karena takut perbuatan mereka terbongkar dan diketahui oleh publik. Karena mereka telah mengambil apa yang sebenarnya bukan hak mereka.

Kekuasaan adalah salah satu faktor yang menyebabkan seseorang berani untuk melakukan korupsi. Mungkin mereka menganggap bahwa perbuatan mereka adalah perbuatan kecil yang tidak terlalu berpengaruh pada apa pun. Padahal perbuatan itu, sekecil apa pun, akan berpengaruh pada masa depan mereka, masa depan bangsa dan negara. Kita lihat saja kenyataannya. Sekarang ini, di Indonesia banyak sekali orang-orang yang melakukan korupsi (termasuk kitakah? Mari kita renungkan!), dampaknya sudah terlihat dan tak dapat disembunyikan lagi. Banyak orang yang hidup dalam suramnya kemiskinan dan kebodohan. Akibat korupsi, banyak orang kehilangan pekerjaannya karena perusahaan tempat mereka bekerja bangkrut lantaran ada yang melakukan korupsi. Hal tersebut membuat kehidupan mereka menjadi suram dan serba kekurangan. Akibat korupsi juga, banyak anak usia sekolah terpaksa harus meninggalkan bangku sekolah karena tidak mampu membayar biaya pendidikan yang semakin mahal. Padahal seharusnya biaya pendidikan tidak mahal, karena negara sudah menganggarkan biaya untuk pendidikan. Tapi, ke manakah sebagian dari anggaran itu sehingga biaya pendidikan semakin mahal? Entahlah. Kita tidak tahu ke mana larinya sebagian anggaran itu. Padahal pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk memajukan bangsa dan negara. Pendidikan sangat penting untuk masa depan mereka, untuk masa depan bangsa dan negara.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa masa depan suatu bangsa dan negara berada di tangan rakyatnya. Maju atau tidaknya suatu bangsa dan negara tergantung pada rakyatnya. Tapi, apakah negara kita akan maju atau malah akan semakin terpuruk dengan masyarakatnya yang tidak berpendidikan? Apa kita mau melihat bangsa dan negara kita makin terpuruk karena kurangnya pendidikan? Tidak. Pasti tidak ada yang mau melihat bangsa dan negara kita makin terpuruk karena kurangnya pendidikan. Mungkin itulah salah satu contoh dampak perbuatan korupsi di negara kita Indonesia tercinta ini. Kasus dalam bidang ini merupakan salah satu kasus yang paling vital untuk masa depan bangsa dan negara. Karena yang menjadi korban dalam kasus di bidang ini adalah para penerus bangsa, yang di tangan para penerus bangsa inilah masa depan bangsa kita digantungkan.

Kasus-kasus korupsi di Indonesia sebenarnya sudah sangat mengkhawatirkan. Dengan sangat mudah kita bisa menemukan berita kasus korupsi di mana-mana. Membuka surat kabar, terdapat berita korupsi. Menonton televisi, terdapat pula berita korupsi. Bahkan, mungkin kita merasa bosan dengan berita korupsi. Tapi korupsi bukanlah kasus yang terjadi pada suatu waktu dan akan menghilang begitu saja di waktu yang lain. Seperti yang kita tahu, memberantas korupsi sangatlah sulit. Kurangnya kesadaran para pelaku korupsi terhadap dampak perbuatan mereka adalah salah satu faktor yang menambah kesulitan dalam memberantas korupsi. Tapi, jika semua orang Indonesia menyadari bahwa korupsi adalah perbuatan yang merugikan banyak pihak, merugikan negara, bahkan dapat merusak masa depan bangsa, niscaya tak akan ada lagi kasus korupsi di Indonesia. Tak terbayangkan alangkah makmurnya rakyat Indonesia, alangkah indahnya kehidupan di Indonesia, alangkah majunya negara Indonesia. Itulah cita-cita dan keinginan kita semua sebagai Warga Negara Indonesia untuk negara kita tercinta ini.

Untuk mengatasi, menanggulangi, dan memberantas korupsi di Indonesia, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2002, pada tahun 2003 pemerintah membentuk suatu komisi yang dinamai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setelah tim-tim dan komisi-komisi pemberantasan korupsi sebelumnya tidak begitu sukses memberantas korupsi, mulai ada perkembangan pada KPK. Kita tahu, berkat KPK, angka korupsi di Indonesia sedikit demi sedikit mulai berkurang. Semua itu merupakan perkembangan yang cukup baik untuk masa depan bangsa dan negara. Tapi, tentu saja kita sebagai masyarakat Indonesia memiliki peran yang penting untuk membantu KPK dalam memberantas korupsi. Karena di tangan kitalah masa depan bangsa dan negara kita, di tangan kitalah kunci pemberantasan korupsi dan kitalah yang bertanggung jawab atas bangsa dan negara kita. Seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bab V pasal 41 tentang Peran Serta Masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

Masa depan bangsa dan negara Indonesia tergantung dari apa yang terjadi di Indonesia sekarang, dan apa yang dilakukan sekarang. Jika sekarang kita terus membiarkan korupsi merajalela di Indonesia, maka bisa saja beberapa tahun ke depan Indonesia hanya tinggal sejarah karena kacaunya perekonomian Indonesia akibat korupsi. Karena itu, marilah kita perbaiki masa depan bangsa dan negara Indonesia dengan berusaha untuk memberantas korupsi. Kita berikan dukungan pada KPK untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberantas korupsi. Jangan sampai di masa depan, Indonesia menjadi negara yang terpuruk karena korupsi. Jangan kotori tangan kita dengan korupsi karena kunci masa depan Indonesia ada di tangan kita sebagai Warga Negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar