Rabu, 13 Januari 2010

konflik ambalat sebaiknya di selesaikan oleh ASEAN

Penyelesaian konflik Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia sebaiknya diselesaikan di tingkat Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) jika kedua negara tidak bisa menyelesaikan secara bilateral.

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Arwani Irawati MA di Jakarta, Sabtu [30/05], mengatakan, Indonesia dan Malaysia sepakat menyelesaikan konflik Ambalat melalui forum diplomasi secara bilateral tapi sampai saat ini belum ada penyelesaian kongkrit.

“Jika konflik tersebut tidak bisa diselesaikan secara bilateral, sebaiknya diselesaikan di tingkat ASEAN karena Indonesia dan Malaysia adalah anggota ASEAN,” kata Arwani Irawati.

Dikatakannya, jika konflik tersebut diselesaikan di tingkat ASEAN maka Indonesia berpotensi memenang. Pertimbangannya, blok Ambalat yang menjadi wilayah sengketa lebih condong masuk ke perairan Indonesia dan Indonesia sudah lebih dulu menemukan sumber minyak di Blok ND-6. Pertimbangan lainnya, kata dia, Malaysia berpotensi konflik dengan beberapa negara lain anggota ASEAN.

Jika konflik ini dibahas secara resmi oleh ASEAN, ia memperkirakan, Indonesia akan menang karena beberapa negara lain akan membela Indonesia. Menurut dia, Indonesia enggan kalau konflik ini dibahas di mahkamah internasional karena ada pengalaman buruk yakni konflik pulau Sipadan-Ligitan yang akhirnya lepas ke wilayah Malaysia. “Saat itu Malaysia membuat peta baru pada 1997 yang memasukkan pulau Sipadan-Ligitan ke dalam kawasan perairan negara tersebut,” katanya.

Peta itu, kata dia, yang diajukan Malaysia ke mahkamah internasional sebagai salah satu dasar gugatannya. Padahal, di peta tersebut Malaysia sudah mengambil sebagian wilayah perairan Indonesia.

Menurut dia, jika persoalannya sudah saling klaim wilayah harus diselesaikan secara hukum.

“Pemerintah Indonesia harus bisa bersikap tegas menyelesaikan persoalan ini karena posisinya kuat,” kata Arwani.

Jika secara hukum juga belum ada penyelesaian, kata dia, opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah kerja sama pengelolaan sumber minyak di Blok Ambalat antara kedua negara.

sumber : http://beritasore.com/2009/05/30/konflik-ambalat-sebaiknya-diselesaikan-asean/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar