Jumat, 08 Januari 2010

pendididkan di indonesia

pemerataan pendidikan dalam arti pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan telah lama menjadi masalah yang mendapat perhatian, terutama di negara-negara sedang berkembang. hal ini tidak terlepas dari makin tumbuhnya kesadaran bahwa pendidikan mempunyai peran penting dalam pembangunan bangsa, seiring juga dengan berkembangnya demokratisasi pendidikan dengan semboyan education for all.

keadaan tersebut diperkuat dengan kenyataan bahwa negara-negara maju umumnya adalah negara-negara yang tingkat pendidikan masyarakatnya cukup memadai, sehingga makin mendorong negara-negara berkembang seperti indonesia untuk mengikutinya melalui berbagai kebijakan peningkatan tingkat pendidikan masyarakat.

sejak tahun 1984, pemerintah indonesia secara formal telah mengupayakan pemerataan pendidikan sekolah dasar, dilanjutkan dengan wajib belajar pendidikan sembilan tahun mulai tahun 1994. upaya-upaya ini nampaknya lebih mengacu pada perluasan kesempatan untuk memperoleh pendidikan. di samping itu pada tahapan selanjutnya pemberian program beasiswa menjadi upaya yang cukup mendapat perhatian dengan mendorong keterlibatan masyarakat melalui gerakan nasional orang tua asuh. program beasiswa ini semakin intensif ketika terjadi krisis ekonomi, dan dewasa ini dengan program bos untuk pendidikan dasar, hal ini menunjukan bahwa pemerataan pendidikan menuntut pendanaan yang cukup besar tidak hanya berkaitan dengan penyediaan fasilitas tapi juga pemeliharaan siswa agar tetap bertahan mengikuti pendidikan di sekolah.

namun apa daya usaha-usaha tersebut belum menunjukkan hasil yang signifikan. hal tersebut terbukti masih banyak sekolah-sekolah di luar pulau jawa yang belum mendapatkan kelancaran dana dari pemerintah pusat.

sumber : http://www.bloggaul.com/cumikampus/readblog/71737/pendidikan-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar