Jumat, 08 Januari 2010

penelitian cara menjadi guru profesional

Rahasia untuk menjadi guru profesional adalah terus tumbuh dan belajar. Guru yang berkeinginan untuk tumbuh dan terus belajar bagaimana menjadi guru yang baik dapat belajar dari pengalamannya sendiri. Bukankah ada pepatah yang mengatakan: Guru Terbaik adalah PENGALAMAN?

Melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research), guru dapat terus-menerus memperbaiki pembelajaran yang dilaksanakannya di kelas beranjak dari kondisi pembelajaran riil mereka sendiri. Guru dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang memang dianggap mereka penting untuk diperbaiki dan diawali dengan kesadaran diri bahwa kelemahan-kelemahan itu bersifat urgen.

Penelitian tindakan kelas menyediakan suatu metode pengembangan profesi yang bersifat sistematis. Saat melaksanakan penelitian tindakan kelas, guru akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan dirinya sendiri tentang metode apa yang dapat dipakai untuk memperbaiki kondisi ini, strategi apa yang harus dilakukan, keterampilan mengajar apa yang harus saya lakukan, teknik penilaian yang bagaimana yang paling tepat untuk mengatasi persoalan ini, dst. Guru berkesempatan untuk melakukan inkuiri atas pembelajaran di kelasnya, merancang pembelajaran yang lebih baik, mengumpulkan data-data sebagai bahan analisis, dan merefleksinya sebagai bahan untuk tindakan selanjutnya. Penelitian tindakan kelas juga dapat dikatakan sebagai pengambilan tindakan untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar melalui studi yang sistematis terhadap tindakan tindakan yang telah diambil dan konsekuensi-konsekuensinya. Penelitian tindakan kelas yang pada hakikatnya termasuk penelitian terapan ini dengan demikian, dirancang oleh guru (praktisi pendidikan) yang mengambil dan menganalisis data yang mereka dapatkan dari kelas mereka masing-masing. Penelitian tindakan kelas selanjutnya akan membawa guru ke tingkat keprofesionalan manapun yang guru bersangkutan inginkan.

Saat ini, sebagian besar guru merasa masih belum mampu melakukan penelitian tindakan kelas. Ketidakmampuan mereka itu lebih disebabkan oleh ketidakmauan dan ketidakpercayaan akan diri sendiri untuk mencoba, padahal penelitian tindakan kelas bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

sumber : http://suhadinet.wordpress.com/2009/04/30/penelitian-tindakan-kelas-suatu-cara-menuju-guru-profesional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar